Minggu, 21 April 2013

PSYCHO-PASS (part one of...)

oke! sesuai janji saya (berbulan-bulan lalu), saya akan bahas salah satu anime favorit saya dari salah satu studio yang paling demen bikin penontonnya melongo XD




PSYCHO-PASS


PSYCHO-PASS adalah salah satu anime dari Production I.G yang sudah terkenal dengan anime-anime seperti Ghost In The Shell, BLOOD Franchise, Sengoku Basara, dll (kalo gue sebutin semua bisa kriting jari ane saking banyaknya hahaha). Anime ini disiarkan oleh Fuji TV (noitaminA) pada 2 musim, antara Oktober 2012 sampe Maret 2013 dengan jumlah episode (hanya) 22 episode. Anime ini diproduseri oleh Takeshi Wada, disutradarai oleh Shiotani Naoyoshi, pada bagian script writer dipegang oleh Urobutcher, eh Urobuchi Gen maksudnya, yang pernah ngurusin anime Fate/Zero, Madoka Magica dan saat ini sih sedang nyiksa karakternya di Suisei no Gargantia (para butcher hunter udah pada kesenengan nih hahaha) dan pada musik dipegang Kanno Yugo (pertama kali ane denger nama marganya ane sempet bertanya-tanya, apa Kanno Yugo ma Kanno Yoko (GitS) adalah kakak adik, cos marganya sama LOL)



cerita di anime ini mengambil setting di Jepang waktu 100 tahun dari sekarang, dimana saat itu teknologi telah mampu membaca pikiran, potensi dan kesehatan psikologis seseorang,  pada saat itu juga, jika seseorang sudah berpikiran tentang kejahatan, dia akan langsung dianggap sepagai penjahat (walau dia sama sekali belum akan melakukannya). Psycho-Pass sendiri adalah semacam metode pengukuran tingkat kesehatan psikologis dan potensi seseorang dan Crime Coefficient (Koefisien Kriminal) adalah indeks pengukuran kesehatan psikologis seseorang dalam angka. Semakin kecil CC seseorang, maka orang tersebut dianggap sehat secara psikologis dan dianggap tak melakukan tindakan kriminal oleh Sibyl System, sistem yang bertugas mengukur tingkat kesehatan jiwa dan potensi seseorang (pengecualian untuk orang-orang tertentu yang akan saya bahas nanti), begitupun sebaliknya, semakin tinggi CC seseorang, orang tersebut akan dianggap sebagai kriminal laten, atau bahkan akan dihabisi dengan Dominator, senjata pelumpuh bahkan penghancur yang dapat mengukur CC seseorang.

cerita di anime ini pun berfokus pada karakter bernama Kougami Shinya, seorang enforcer berumur 28 tahun dari unit satu Public Safety Bureau (Biro Kemanan Umum) dan Tsunemori Akane, seorang inspektur baru (saja masuk) di unit satu pula. untuk lebih jelasnya akan saya bahas dibawah.



CHARACTERS




Kougami Shinya (狡噛 慎也)
Voice actor: Seki Tomokazu




I’m sorry. I couldn’t keep my promise. I wanted to go into a line of work where I could protect people.That’s why I became a detective. But Makishima changed everything. That man will continue to kill people. And yet, the law can’t judge him. As long as I’m a detective, I can’t touch him. This case made me aware... that the law can’t protect people. (Kougami in his letter letter to Tsunemori in episode "A Promise Written In Water")


salah seorang enforcer kalo bahasa jermannya: penegak LOL *plak* berumur 28 tahun dari divisi satu MWPSB (Ministry Warfare Public Safety Bureau) dengan codename Hound 3. Dulunya dia adalah seorang inspektur, sama seperti Tsunemori Akane, namun karena kasus spesimen yang menewaskan Sasayama Mitsuru secara terlalu sadis sampe gue ga tahan liatnya =_= 3 tahun lalu, dia jadi lebih berfokus pada kasusnya dan mengabaikan terapi yang seharusnya di lakukan, menjadikan Psycho-Pass nya melebihi batas yang ditentukan, dianggap sebagai kriminal laten dan diturunkan pangkatnya menjadi enforcer. sifatnya terkesan dingin dan tegas, namun dia sangat cerdas (bahkan dia jadi bintang di sekolahnya saat dia dan Gino satu sekolah dan saat tes masuk MWPSB dia di puncak karena nilainya yang tertinggi di negaranya dan saat dia ujian, 721 WOI! 721!!! BAHKAN AKANE PUN MASIH KALAH NILAINYA!!! KENAPA GUE GA DITAKDIRKAN SECERDAS DIA YA TUHAN~?! *jedotin pala*), mampu membuat peluang menang walau kemungkinan kecil sekalipun, dan mempunya skill beladiri yang cukup mumpuni, juga mempunyai selera humor lumayan dan cukup mampu "melawak" (maaf gue ga tau bahasa bagusnya apa _ _')
Pas mau mencapai klimaks episode, dia menyadari ada sesuatu yang aneh dengan keadaan internal MWPSB, namun karena dia adalah seorang enforcer, dia hanya bisa menurut apa yang dikatakan sang ketua yang ternyata adalah bagian dari sibyl system itu sendiri, saat itu pulalah ia nyaris dibunuh olah sang ketua kalo aja AKane ga nembak dia duluan pake paralyzer, menyadari keanehan itu dan kondisi yang nyaris membunuhnya, dia memutuskan untuk keluar dari Biro dan mencari usaha sendiri untuk membunuh sang dalang dari hampir segala pembunuhan yang ada dalam cerita, Makishima Shougo,  yang dimana dia juga ada kaitannya dengan kasus spesimen yang menewaskan bawahannya itu. di endingnya, setelah dianggap sukses membunuh Makishima, diceritakan dia pergi meninggalkan Jepang. jujur ane masih menganggap endingnya mengambang, karena setau ane (yang ane baca di tumblr yang penulisnya mengambil entah dari novel ato drama CD) kalo dia udah ngebunuh Makishima, dia akan berhenti merokok. tapi di ending dia masih merokok. Dan buku yang dia baca adalah punya Makishima, bisa dikatakan Makishima masih hidup dan gue dapet rumor kalo Kougami bakal jadi antagonis kalo S2 benar-benar akan direalisasikan. buat para wanita pemuja Kogami, silakan menjerit dengan statement terakhir yang gue coret itu. =_=




okeh, sekian dulu part one dari artikel yang baru seiprit inih =_= *plak* part selanjutnya akan saya post lagi dalam waktu yang ga bisa ditentukan (dikarenakan kesibukan saya yang menjadi hahaha) *plak*
sebagai gantinya, akan saya beri beberapa gambar PSYCHO-PASS yang saya dapat di inet XD









C: Psycho-Pass Committee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar