Minggu, 13 November 2016

Soul Contract (a random review, feel free to kick me lol)

okay, i'm back~ xD

jadi dalam 3 tahun terakhir ini, saya disibukkan dengan kuliah dan kerja saya yang sukses bikin aktivitas blogging saya jadi terbengkalai, dan saya saat ini dihadang oleh skripsi yang belom pernah saya selesaikan sejak taun lalu xD //dor//

dan kali ini, saya akan bahas suatu anime, dan kali ini bukan anime dari Jepang yang biasa saya tonton dan menyebabkan saya jadi wibu, melainkan dari negeri tirai bambu dan gudangnya hewan panda yang bulet dan imut-imut xD //apacobak//



Cerita dimulai dari seseorang peramal (?) dan tukang servis komputer (menggunakan sparepart bekas yang nyomot dari TPA lol) yang kere, apes, tak beruntung dan juga suram bernama Yang Jinghua. Pada suatu ketika dia mencari sparepart komputer bekas di TPA, dia melihat sosok manusia tampan layaknya aktor Korea (?) sedang bertarung melawan seonggok roh jahat. Ketahuan sama cowok Korea (?) itu, Jinghua lantas diperintahkan oleh cowok tersebut untuk pulang. dalam perjalanan pulang tersebut, Jinghua mengalami insiden tertabrak oleh truk hingga menyebabkan dia tewas seketika. begitu sadar dia terbangun dalam bentuk seonggok (?) jiwa berumur 10 tahun lebih muda dari umur aslinya, dimana pada umur tersebut dia berada dalam kondisi paling bahagia atau paling berharga dalam hidupnya.


masalah belum selesai di situ. kemudian, cowok korea yang tadi sempet dia liat, diketahui bernama Duanmu Xi menawarkan (diri? XD) Jinghua untuk menjadi Soul Image dari Duanmu, jika tidak, Jinghua akan berubah menjadi roh jahat dan akan dihabisi juga oleh Duanmu. Tidak meu berubah menjadi roh jahat dan merasa tidak ada pilihan lain lagi, Jinghua bersedia menjadi Soul Image dari Duanmu dalam menumpas roh jahat yang mengganggu...


PLOT TWISTS AND FANSERVICES AWAIT YOU //ketawa setan//





silakan perkirakan sendiri apa yang terjadi setelah ini,diharap tolong jangan laper, eh baper lol





baiklah
Judul aslinya adalah 灵契 atau diterjemahkan sebagai Soul Contract atau Spirit Contract. Anime ini merupakan adaptasi dari manhua berjudul sama karya Ping Zi. Anime ini pertama kali mengudara tanggal 21 Juni 2016 dalam bentuk ONA atau Original Net Anime yang diproduksi oleh studio Haoliners dan disiarkan di sutus resmi Tencent. Kalo kalian paham sama bahasa Mandarin yang terkenal dewa dan dewi (apacobak), kalian bisa membaca dan nonton animenya di sini. kalopun ga mudeng, tenang aja, sudah ada yang nerjemahin dalam bahasa inggris kok, tinggal googling aja, mayan banyak yang share lol.

Secara cerita, personally saya suka, mungkin karena tema dan cerita yang seperti ini belum banyak adanya, ini bisa jadi salah satu hiburan buat saya. Selain itu, sejak 5 taun lalu saya mulai terjun ke "dunia hitam" yaoi dan shounen ai, fanservice shounen ai di sini bisa menyejukkan mata saya di tengah terjangan bejibun anime yang gemar mengumbar gunung kembar dan kemolekan wanita 2D. Saya personal juga suka akan humor-humor yang sebagian besar dilontarkan oleh Yang Jinghua di sini.
Kekurangan dari segi cerita di sini adalah ketidaksesuaian 100% cerita di anime dengan cerita di manhuanya, animenya seakan dibuat terlalu bertele-tele, serta terlalu banyak intermezzo yang bikin ceritanya sendiri kayak ngalor-ngidul ga jelas XD jika saja anime ini dibuat sama persis plek keteplek kayak di manhuanya, mungkin saya bisa dapet lebih banyak asvpan lol XD

development character di sini diceritakan dengan plot twist yang membuat saya penasaran bagaimana cerita dan hubungan mereka nanti berkaitan dengan emosi dan ego masing-masing, serta tentang masa lalu leluhur mereka yang ternyata sempat berkaitan satu sama lain. Sejujurnya, saya sempat syok sama suatu episode hingga saya harus minum obat CTM biar ngantuk gegara ga bisa tidur saking syoknya lol.

untuk musik dan voice acting sendiri, saya sedikit galau antara memilih kata cukup baik sama sedikit kacau... mereka sudah cukup pas dengan memilih seiyuu untuk karakter-karakternya, terutama Yang Jinghua dan Duanmu Xi yang merupakan tokoh sentral, akan tetapi ekspresi suara mereka pada kondisi tertentu masih perlu improvisasi lagi, karena sedikit ga cocok sama kondisinya lol XD mungkin karena saya terlalu terpana dengan suara para seiyuu dari Jepang, pada awalnya nonton nih anime terasa ga cocok dengan karakternya... tapi ya udah deh, jadi biasa especially ketika tau seiyuu Yang Jinghua ternyata unyu luar biasa sialan XDDDDD baik OP, ED dan insert song buat saya bagus dan cukup bikin baper tiap mendenganrnya, mungkin karena baik OP, ED dan insert songnya lebih terpusat ke sudut pandang Yang Jinghua yang galau secara emosi walau dia ekspresif... well, lagu ini paling bikin saya baper sepanjang masa, entah sudah berapa lembar tisu yang abis buat lap air mata dan ingus yang keluar gegara galaunya X'D videonya bisa ditonton di sini :

so many thanks to Eu.P. for uploading the song and giving subtitle. now i can cry again //nanhgos//

Untuk animasinya sendiri, sama seperti untuk musik dan voice acting, bingung antara cukup baik sama sedikit kacau XD ada beberapa QUALITY pada beberapa episode yang cukup mengganggu mata saya, hanya saja hal itu tertutupi oleh dua sejoli pengumbar fanservice bikin baper itu lol XD


overall, Soul Contract sendiri merupakan anime dari negeri tirai bambu (baca: cina Tionghoa) yang bagus dari segi cerita, humor, development relationship, serta fanservice dengan plot twist yang bisa bikin perasaan layaknya es campur, dengan catatan jika kalian udah baca (ato setidaknya memahami plotnya kalo ga mudeng bahasa cina lol) manhuanya hingga chapter terakhir dirilis, kalian mampu mengesampingkan ketidaksesuaian secara 100% cerita di anime dengan di manhuanya maupun kekurangan lainnya yang bikin nih anime kurang notice... serta durasinya yang dirasa terlalu pendek per episodenya, yaitu hanya kurang lebih 15 menit per episode (sudah termasuk opening dan endingnya lol), anime ini bisa jadi salah satu batu loncatan kalo mau nyoba nonton kartun non-Jepang itu seperti apa XD

VERDICT : 7.8/10


FYI, di kartun ini juga ada beberapa easter eggs yang mengambil referensi dari beberapa anime dari Jepang. saya kasih contoh ini, kalo tau jawabannya........... ya udah LOLOLOL


buat yang males nyari di mana bisa nonton Soul Contract + sub bahasa inggris, bisa nonton animenya di sini. Many thanks to Eu.P. from Bayi Subs for subbing this :))) soal donlotnya, saya sarankan untuk gugling sendiri XD

yah sekian sari saya yang random ini, mohon maaf kalo banyak randomnya, dan setelah ini semoga saya nambah banyak temen yang sama-sama suka sama Soul Contract (berhubung fandom nih animu beneran sedikit dan ga se-cancer Yuri!!! on ICE... THIS ANIMU NEEDS MORE FANDOM) dan sampe jumpa kapan-kapan... kalo sempet ngeblog lagi HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA //menghilang dari peredaran//

2 komentar:

  1. Hallo, my fellow otaku. How should i put this... jujur,aku terharu sekali dengan postinganmu ini. Sumpah, kukira cuma aku satu2nya mahluk indonesia yg demen sama ni anime. Dan kita sama2 mahasiswa kepepet skripsi yg belum kelar sampe 1 tahun. Thanks God. I'm not alone in this chinese amien hell anymoree! Soal lagu itu apalagi, sampe sekarang top 1 hits musik yg bikin aku sedih. Apalagi progress cerita mereka juga sedih. Sejauh ini, ceritanya sudah sampe 172 ch. Dan jinghua masih merasa galau gara2 duanmu nyaris mati (lagi) gara gara menyelamatkan dia pakai sihir resureksi. Aku sarankan lihat tumblr nanakoblaze sama spideronthewindow untuk spoiler2 terkini dalam bahasa inggris!

    BalasHapus
  2. hahaha i thank you for the comment btw, kupikir juga ga bakal ada yang notice ini anime, karena fandom donghua (chinese anime) di Indonesia juga dikit banget, ga secancer anime wwwww
    saya udah follow semua tumblr yang situ sebut sih, sayangnya window sekarang jarang apdet chapter baru manhuanya sih, selain dia bukan official fansubnya (dia sering banget bilang gitu lol), juga sekarang Soul Contract resmi VIP only sejak akhir taun lalu, jadi ga bisa se-update dulu sih (meski saya juga ga tau situs baca ga resminya di mana lol)
    btw sekarang lagi tayang tuh versi dub jepengnya Soul Contract, judulnya Spiritpact, kalo udah nonton dan sempet baca reply ini, bisa lah kasih pendapatnya di marih hehehe :)

    BalasHapus